rss

Rabu, 24 Maret 2010

10 Tips Kesehatan Penting untuk Praktik Dasar Sehari-hari

1. Banyak bergerak

Buat tantangan setiap hari untuk menemukan cara bergerak tubuh anda. Memanjat tangga jika diberikan pilihan antara memanjat tangga atau memakai eskalator atau elevator. Mengajak jalan anjing anda, bermain bola dengan teman-teman anda, memotong rumput halaman anda. Apa pun yang menggerakkan anggota badan anda tidak hanya alat fitnes. Tingkatkan walaupun hanya peningkatan kecil. Tidaklah berarti harus menghabiskan waktu satu jam di gym atau 45 menit kelas aerobik atau tai chi atau kickboxing. Tapi itu hal yang bagus jika anda meningkat menjadi melakukannya.

2. Potong lemak

Hindari sesutu yang jelas harus dihindari seperti makanan yang digoreng, burger, dan daging berlemak lainnya ( seperti pork, bacon, ham, salami, rib, dan sosis). Produk susu seperti keju, cottage cheese, susu dan krim sebaiknya dimakan dalam bentuk yang rendah lemak. Kacang-kacangan dan daging sandwich, mayonais, margarin, mentega dan saus dimakan harus dalam jumlah yang dibatasi. Banyak yang tersedia dalam bentuk rendah lemak seperti mentega substitusi, keju dan mayonais bebas lemak.

3. Berhenti merokok

Juri benar-benar telah membuat vonis. Sejak tahun 1960 ketika Surgeon General mengumumkan bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan anda, Orang Amerika telah mengurangi pemakaian produk-produk tembakau yang membunuh. Saat ini, kita telah menyaksikan gelombang kebiasaan merokok pada baik orang dewasa maupun remaja. Apakah ini pengaruh Hollywood? Sepertinya para bintang di setiap film melakukan adegan merokok. Hati-hatilah. Peringatkan anak-anak anda dengan romantika yang salah atau bersikap seperti “laki-laki yang kuat” yaitu perokok hollywood.

4. Kurangi stres

Lebih muda mengatakan daripada melakukan, stres datang dalam banyak bentuk. Beberapa teknik direkomendasikan oleh para ahli adalah untuk berpikiran positif.habiskan 30 menit sehari untuk mengerjakan sesuatu yang anda suka. (seperti, berendam dalam tub berisi air panas, jalan-jalan di pantai atau taman, membaca buku-buku yang bagus, mengunjungi teman, bermain dengan anjing anda, mendengarkan musik yang menenangkan, menonton film lucu. Dipijat, fasial atau potong rambut. Meditasi. Menghitung sampai sepuluh sebelum kehilangan kendali emosi anda atau menjadi makin buruk. Hindari orang yang sulit jika mungkin.

5. Lindungi diri anda dari bahan-bahan polutan

Jika anda tidak dapat hidup di lingkungan yang bebas asap, setidaknya hindari ruangan yang penuh asap, area lalu lintas padat, bernafas dalam asap lalu-lintas dan berolahraga dekat jalan yang sibuk. Berolahraga di luar ketika angka asap rendah. Berolahraga dalam ruangan ber-ac jika kualitas udara bagus. Menanam banyak tanaman semak di halaman anda. Ini merupakan penghalang yang baik bagi polutan dan kotoran dari jalan.

6. Pakailah sabuk pengaman anda

Statistik menunjukkan bahwa sabuk pengaman menambah umur panjang dan mengurangi potensi terluka dalam tabrakan mobil.

7. Bersihkan gigi anda

Penelitian baru menemukan hubungan langsung antara umur panjang dan membersihkan gigi. Tak ada yang benar-benar tahu mengapa. Mungkin karena orang yang membersihkan giginya cenderung lebih sadar akan kesehatan dibandingkan yang tidak?

8. Hindari minum minuman keras berlebihan

Sementara penelitian terbaru menunjukkan segelas anggur atau sekali minum sehari (dua untuk laki-laki) dapat membantu melindungi dari penyakit jantung, lebih dari itu dapat menyebabkan masalah kesehatan lain seperti penyakit hati dan ginjal dan kanker.

9. Tetaplah mempunyai pandangan mental yang positif

Terdapat hubungan yang pasti antara hidup sehat dengan pandangan hidup yang sehat dan gembira. Anda tidak dapat tidak bahagia ketika anda tersenyum atau bernyanyi.

10. Pilihlah orang tua anda yang sehat

Hubungan antara genetik dan kesehatan sangat kuat. Tetapi hanya karena satu atau kedua orang tua anda meninggal dalam usia yang relatif muda akibat sakit tidak berarti anda tidak dapat meniadakan atau menetralkan kolam genetik mengontrol anda. Ikuti tips dasar ini untuk hidup yang sehat dan anda dapat mengontrol dengan lebih baik takdir anda sendiri.

sumber: kaskus.us

Artikel Terkait:

0 komentar:


Posting Komentar